Pages

Sunday, April 13, 2014

Apakah itu Flash/Flashing Rom/Kernel ?

Membaca jambatan ilmu , ayuh kita membaca untuk menambahkan pengetahuan kita 
Copypaste

Apakah itu Rom ?

ROM – Read Only Memory adalah tempat penyimpanan data (dalam bahasan ini file sistem) yang berbentuk Chip-IC. Jadi secara umum baik Stock ROM maupun Custom ROM boleh diistilahkan sebagai sebuah file sistem yang berbentuk software-firmware yang letaknya di IC ROM perangkat (analogi fungsinya seperti IC BIOS pada Komputer-mengatur semua peripheral pada mainboard dengan menggunakan Kernel sebagai akses utama ) yang kemudian dimodifikasi sedemikian rupa agar mampu dilakukan apa saja sesuai dengan keinginan, tentunya tetap berbasis versi firmware asli/Stock ROM dari perangkat keluaran factory atau vendor tersebut. Secara teknikalnya, file sistem dalam Stock ROM di peranti andorid tersebut diambil-download oleh Custom Developer dari pihak ketiga untuk dimodifikasi mereka sesuai keinginan, selanjutnya ditanamkan lagi keperanti tersebut atau keperanti lain yang support melalui cara flashing.


Custom ROM

Custom ROM adalah sebuah firmware yang sudah di develop oleh develop pihak ke-3 dengan maksud dan tujuan tertentu . Biasanya Custom ROM dimaksudkan dengan mengubah firmware asli dari vendor atau yang biasa disebut dengan Stock ROM. Tapi penerapan ini bukan hanya terdapat pada perangkat android saja melainkan pada beberapa jenis komputer ataupun handphone, tapi yang kita ingin jelaskan disini adalah mengenai android. Biasanya para develop pihak ketiga mengganti, Menghilangkan atau menghapus dan menambahkan beberapa hal yang menjadi kelemahan dari vendor. Fungsi dari Custom ROM itu sangat menguntungkan,.

Sejarah Perkembangan Custom ROM Android

Asalnya... Custom ROM Android tidak lepas dari tangan-tangan jahat/nakal para hacker dan unlocker peranti2 (sebelum ada Custom Developer). bila mereka rasa ada masalah ( bug ) dalam sistem peranti Android keluaran pengeluar, waktu tu lah mereka nak memperbaikinya (Stand Alone Version). Tapi waktu itu hasil kerja tangan mereka masih belum banyak dan sebanyak yang ada seperti sekarang, sebab komuniti untuk itu tak banyak pengetahuan mengenai Root peranti itu senditi, dan memang pada awalnya Operating Sistem Android berbasis Linux yang Open Source memberi kebebasan para developer pihak ketiga untuk menghasil Custom ROM sebaik-baiknya berdasarkan selera dan kemampuan mereka. so, muncullah berbagai macam jenis... bahkan ribuan Custom ROM, yang masing-masing menawarkan serta memiliki fungsi2 menarik yang bermacam-macam pula. Custom ROM dengan jenis yang sama berkembang menjadi macam-macam versi juga, yang tentunya versi tertinggi atau terbaru adalah penyempurnaan dari versi firmware yang terdahulu (tiap versi Custom ROM juga tergantung dari basic Versi Android OS).

Keuntungan Custom ROM

Sebenarnya banyak sekali fungsi dari Custom ROM, tapi ini adalah secara umumnya :

1. Memperbaiki ciri-ciri yang menjadi kelemahan vendor, kadang-kadang ciri dari bawaan vendor ini kurang bagus , contohnya pada ciri bawaan vendor kita diharuskan mengaktifkan jaringan internet dengan masuk ke Setting tetapi jika menggunakan Custom ROM hal ini dipermudah dengan menyediakan widget turn on/off di status bar.

2. Mengubah tampilan android menjadi lebih menarik. Yang ini sering menjadi keluhan oleh user android, sebab tampilan Android dari vendor kurang menarik, walaupun sebenarnya kita boleh je menggunakan beberapa launcher yang memiliki tampilan UI yang lebih menarik tetapi tampilan pada launcher application tidak berfungsi sebagai tampilan utama , dan mungubah tampilan sistem Android anda , maksudnnya disini aplikasi launcher bukanlah tampilan seluruh sistem . Contoh lanjut , seluruh UI Lenovo anda boleh kelihatan seperti UI Sony , Samsung dsb.

3. Membuat pemakainya menjadi lebih friendly. Selalunya, sebuah stock ROM yang disediakan dari vendor tidak memberikan kesenangan yang begitu memuaskan, maka salah satu fungsi inilah yang menyebabkan adanya Custom ROM.

4. Meningkatkan sedikit kemampuan sehingga performance Android menjadi lebih cepat. Jika anda memiliki android yang lag tak kena tempat dan kemampuan ? main angry bird pun lag sedangkan quadcore l.7ghz - 2.0ghz , haha , mungkin inilah jawapannya.

5. Mengurangi beberapa Bug pada vendor. Selalunya, bug pada stock ROM adalah hal yang paling kita kesalkan namun kehadiran Custom ROM adalah jalan penyelesaiannya .
Kerugian Custom ROM

Sebenarnya tak banyak kekurangan custom rom ni dan jarang terjadi :

1. Menghilangkan waranty . Inilah yang harus anda pikirkan kita harus benar-benar yakin akan resiko yang akan kita terima.

2. Kelebihannya boleh bertukar menjadi bug dari semasa ke semasa tambahan pula custom rom tu baru dihasilkan , tapi hal ini jarang terjadi. Anda juga harus bijak memilih dan mengkaji dahulu Custom rom tersebut sebelum pasangkan pada peranti anda .

3. Instalasi custom ROM boleh saya cakapkan sebagai cukup mudah dan kacang je , banyak tutorial yang tersedia di internet. Namun apabila terjadi sedikit kesalahan pada proses instalasi tersebut, salah langkah boleh mengakibatkan peranti Android Anda menghadapi masalah seperti data hilang, file-file sistem corupt , beberapa peranti bahkan tidak boleh boot , bootloop ,brick (mati sangkut pada logo) .. jadi , hati-hatilajh dan follow step by step ye .

4. Fungsi beberapa bahagian pereranti akan hilang atau tidak boleh nak digunakan setelah anda menginstall beberapa jenis ROM yang dimodifikasi tersebut, berubah dari sebelum anda menggunakan firmware asli atau Stock ROM.

Kernel

untuk kernel, kernel itu merupakan sistem inti yang menjadi jantung dari sistem operasi. operasi2 yang dijalankan oleh os, itu diproses oleh kernel. kernel di android juga boleh diubah. dan tentunya akan membawa keuntungan bagi sistem operasi atau custom romnya itu sendiri. selalunya, developer kernel itu disesuaikan dengan custom rom nya. kita tidak boleh nak mengganti kernel kita dengan kernel lain yang tidak direkomendasikan oleh pembuat custom rom sewenang2nye. 

Di saat kita memflashing custom rom pada phone android kita, di dalam custom rom itu sendiri sebenarnya sudah tersedia kernel. dan selalunye kernel tersebut sudah dimodifikasi. namun tidak semua phone menyediakan custom kernel. ada beberapa phone, yang bootloadernya dikunci oleh perusahaan phone itu sendiri. sehingga kita hanya dapat mengganti OSnya, tanpa dapat mengganti kernelnya. untuk DHD, bootloadernya tidak dikunci, sehingga kita bebas flashing kernel.

BaseBand

Salah satu bagian dari Firmware yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara OS, hardware telekomunikasi dan penyedia jaringan telefon. Modem di Android berperanan meningkatkan operasi GPRS, 3G/E/H, WiFi, GPS, Bluetooth dan operasi bateri.

Apakah itu Flash/Flashing Rom/Kernel ?

Bahasa mudahnya ialah . proses pasang/instal/menggantikan rom dalam handset android kita.

No comments:

Post a Comment